Pages

Tuesday, December 6, 2011

Anak Broken Home = Bukan Calon Orang Sukses?

"Hiks... lapar ma, pa..."
Orang sukses? Banyak. Orang sukses yang berasal dari keluarga broken home? Mungkin untuk pertanyaan yang kedua sebagian dari Anda masih ragu-ragu menjawabnya. Banyak yang berpendapat bahwa orang yang sukses, kebanyakan berasal dari keluarga yang lengkap dan bahagia karena cinta kasih dari keluarga adalah salah satu kunci untuk membuat motivasi untuk maju semakin besar. Namun ternyata tidak sedikit juga anak-anak yang berasal dari keluarga broken home, alias memiliki orang tua yang bercerai atau bahkan hanya memiliki satu orang tua, yang bisa sukses luar biasa. Yuk kita lihat siapa saja mereka.


1. Oprah Winfrey
Orpah a.k.a. Oprah
Siapa yang tidak kenal Oprah Winfrey? Dikenal sebagai seorang presenter sebuah talkshow sukses, ternyata tidak banyak yang tahu bahwa Oprah, yang bernama asli Orpah, punya masa kecil yang tidak biasa. Oprah terlahir dari seorang ibu yang masih berusia remaja dan hidup miskin. Ibunya bahkan tidak dinikahi dan harus hidup dalam kemiskinan karena ibunya hanyalah seorang pembantu rumah tangga. Setelah Oprah lahir, ibunya pergi untuk bekerja selama enam tahun dan dia dititipkan pada neneknya. Saking miskinnya, Oprah bahkan hanya bisa memakai baju yang terbuat dari karung kentang sehingga membuat dia sering menjadi bahan olok-olok temannya. Pada usia 9 tahun, Oprah mengaku pernah diperkosa dan hamil pada usia 14 tahun, dan akhirnya anaknya meninggal dunia saat masih bayi. Hidup dengan sejarah masa lalu yang kelam tidak membuat Oprah lalu minder dan patah semangat. Dia kemudian menjadi wartawan dan akhirnya memiliki acara talkshow-nya sendiri yang sukses luar biasa, The Oprah Winfrey Show (salah satu talkshow favorit saya!).
http://www.smileycodes.info

2. Justin Bieber
"Lop yuh tu, beb..." jawab JB.








Bieber dibesarkan oleh ibunya dan dibantu oleh kakek-neneknya dari pihak ibu. Ibunya berpenghasilan rendah. Lalu ayahnya menikah dengan wanita lain dan mempunyai dua anak dari istrinya. Walaupun cuma dibesarkan oleh ibunya, Bieber tumbuh menjadi anak yang aktif dan kemampuan musiknya sangat menonjol. Beruntung Bieber punya ibu yang sangat memahami dirinya. Ibunya tahu dia memiliki bakat musik yang luar biasa sehingga mengunggah video anaknya saat sedang menyanyi di sebuah kompetisi. Saat itulah ada pencari bakat yang melihat talenta Bieber yang akhirnya menjadi terkenal dan jadi idola abg-abg di seluruh dunia ("Aaaaarrrrgggghhh... Bieber ai lop yuh!!!" Kemudian pingsan.)
http://www.smileycodes.info

3. Mariah Carey


"Udah pakai deodorant kok!"
 Ibu Mariah yang seorang kulit putih Irlandia-Amerika menikah dengan ayahnya yang keturunan Afrika-Amerika-Venezuela. Karena ibunya menikahi pria kulit berwarna inilah yang membuat keluarga ibu Mariah kesal dan tidak mengakui keberadaan Mariah di dalam kelurga mereka. Sampai-sampai Mariah kecil pernah merasa sedih dan bertanya-tanya apa salahnya sampai dia dibenci seperti itu. Saat Mariah berumur 3 tahun, orang tuanya bercerai dan dia ikut ibunya sedangkan kakaknya, Allison, ikut sang ayah. Pada umur 4 tahun, Mariah mulai suka mendengarkan radio diam-diam di dalam kamarnya dan menemukan kedamaian di dalam musik. Akhirnya dengan latihan dan kerja keras, Mariah berhasil menjadi salah satu penyanyi yang diperhitungkan dan memiliki suara dan teknik bernyanyi yang hebat.
http://www.smileycodes.info

4. Eminem
"Saya minum 2!"
Cerita masa kecil rapper yang satu ini lebih sedih lagi. Dia bahkan tidak mengenal ayahnya karena sejak berumur 18 bulan, ayahnya telah pergi meninggalkannya. Akhirnya artis bernama asli Marshall Bruce Mathers III ini tinggal bersama ibunya. Pada umur 14 tahun, Eminem mulai tertarik pada musik rap dan mulai bernyanyi rap. Sayangnya pada usia 17 tahun dia dikeluarkan dari sekolah karena nilai-nilainya yang turun dan sering membolos. Tapi kecintaannya pada rap semakin membuat Eminem menekuninya dan sekarang dia telah menjadi rapper yang tidak lagi dipandang sebelah mata. Selain menjadi rapper, dia juga bermain dalam filmnya yang berjudul 8 Mile.
http://www.smileycodes.info
"Kok punyaku diminum juga sih, om? Hiks."

5. Christina Aguilera
You go girl!
Christina kecil sering melihat kekerasan rumah tangga yang dilakukan sang ayah kepada ibunya bahkan kepada dirinya. Hal itu membuat Christina kecil menjadi anak yang pendiam dan lebih suka main sendiri di kamarnya. Mainnya Christina tidak lain adalah bernyanyi sehingga saat kecil dia sudah dikenal di lingkungan sekitar rumahnya sebagai gadis kecil bersuara besar. Orang tuanya akhirnya berpisah dan ibunya menikah lagi. Memori pahit masa kecilnya tidak menjadikannya terpuruk, malahan semuanya dituangkannya di dalam lagu-lagu yang liriknya dia tulis sendiri seperti lagu I'm OK, Hurt, dan Oh Mother (ada di album keduanya Stripped). Ada juga lagu-lagu yang menggambarkan kegigihannya untuk menjadi gadis yang kuat seperti lagu A Voice Within dan Fighter (di album Stripped juga). Dan lagu-lagu yang menggambarkan sisi feministnya dan rasa tidak percayanya pada laki-laki seperti pada lagu Can't Hold Us Down (album Stripped). Walau pada akhirnya di  lagu The Right Man (album Back to Basic) dan Save Me From Myself (Back to Basic), Christina akhirnya mengatakan bahwa dia mulai bisa percaya laki-laki dan menemukan orang yang dia cintai yaitu Jordan Bratman yang saat itu menjadi suaminya. Berita perceraian Christina dengan suaminya sempat membuat saya sedih karena menurut saya dia berhak untuk bahagia setelah pengalaman masa kecil yang traumatik.
http://www.smileycodes.info
"Hiks..."
Jujur, Christina adalah penyanyi wanita Amerika kesukaan saya. Makanya saya akan bahas tentang dia lebih banyak, tentang kenapa saya suka dia dan kenapa dia begitu menginspirasi saya lewat lagu-lagunya. Pertama, saya suka karena suaranya yang luar biasa berkarakter dan kuat. Saat pertama melihat video klip lagu pertamanya Genie in The Bottle, saya belum merasa tertarik bahkan cenderung tidak menyukainya. Namun suatu hari saya menonton acara MTV Making The Video yang sedang meliput pembuatan video klip lagu kedua Christina yang berjudul I Turn to You. Sejak saat itu, saya jatuh cinta dengan lagu dan suara Christina. Memang di lagu itu terlihat sekali kemampuan vokalnya diuji dan Christina menyanyikannya dengan sangat baik (perfecto!). Kedua, karena pengalaman masa kecilnya yang tidak jauh berbeda dengan saya. Hal itu membuat saya merasa tidak sendiri dan yakin mampu sukses seperti dia walaupun berasal dari keluarga broken home. Dan yang ketiga adalah karena lagu-lagunya. Lagu-lagu Christina bagai buku harian kehidupannya sehingga saat mendengar lagu-lagunya, kita seakan mendengarkan curhatan seorang Christina Aguilera yang bagi saya membuat saya merasa tidak sendirian dan menguatkan saya.



Lalu kenapa anak broken home ada yang lari ke narkoba, seks bebas atau bahkan bunuh diri? Mereka mencari kasih sayang ditempat lain, mencari tempat yang bisa membuat mereka melupakan permasalahan yang ada di keluarganya. Bagi para single mom/dad yang bekerja sebaiknya tetap perhatikan anak Anda. Sediakan waktu untuk mereka, paling tidak untuk makan malam bersama atau jalan-jalan bersama. Saat berkumpul itu adalah saat anak bercerita tentang bagaimana sekolah mereka, tentang teman-teman mereka, dll. Bagi anak-anak broken home, yuk salurkan pikiran kita ke hal-hal positif seperti ke pelajaran di sekolah atau hal produktif  lain yang sesuai minat kalian seperti musik, menulis, olahraga, dll. Jadikan masalah yang ada dirumah menjadi 'cambuk' buat kalian supaya jadi anak yang membanggakan. Lihatlah contoh orang sukses diatas, mereka fokus ke hal-hal yang mereka sukai dan akhirnya menekuni dan menjadi sukses luar biasa. "Ah kalo berteori sih memang mudah!" kata salah satu anak broken home. "Hey, saya ini salah satu bukti nyatanya kaleee...!" jawab saya. Memang perceraian pasti akan membawa dampak psikologis bagi anak-anak. Seperti saya, sesuatu yang berhubungan dengan keluarga pasti menjadi hal yang sangat sensitif buat saya, baik itu film, foto, cerita, dll. Tapi saya tidak ingin membuat ibu saya sedih jadi saya bertekad untuk jadi anak yang sukses dan membanggakan. Berikut beberapa tips untuk anak broken home:
http://www.smileycodes.info

1. Dekatkan diri pada Tuhan. Mintalah pada Tuhan untuk menjagamu dari hal-hal negatif dan memberimu kekuatan untuk melewati cobaan yang sedang kau hadapi.

2. Tekuni minat dan bakatmu. Cari apa bakatmu dan hal-hal positif yang kamu sukai. Lakukan dengan serius sehingga kamu bisa menjadi yang terbaik di bidang itu. Contoh: Saya suka bahasa Inggris jadi saya menekuninya sehingga sekarang saya bisa menjadi guru bahasa Inggris yang dicari-cari orang (aseeek... :p bukan dicari karena buronan ya tapi diminta mengajar).

3. Salurkan kesedihan dan kemarahan dengan produktif. Saat kamu sedih ataupun marah dengan keadaan cobalah menyalurkannya lewat hal-hal produktif seperti membuat lagu, cerpen, puisi, gambar bahkan novel sekalipun. Biasanya menulis akan lebih mudah saat kita sedang emosi (berdasarkan pengalaman pribadi, hehe).

4. Cari sahabat yang baik dan bisa kamu percaya untuk mendengar cerita-ceritamu. Biasanya anak broken home itu cenderung introvert dan menutup diri. Saya pernah merasakannya, percayalah. Tapi saat beban yang ada didalam hati itu bisa dibagi ke sahabat, maka hati rasanya lebih plong dan lega. Dengan catatan, jangan lupa juga mendengarkan curhatan sahabat. Take and give. Cobalah. Dan kenapa saya bilang sahabat yang baik? Karena banyak orang berpura-pura baik lalu menjerumuskanmu ke narkoba dan hal-hal negatif lainnya. Hati-hatilah memilih teman.

5. Lihatlah orang-orang yang lebih menderita. Terkadang saat kita sedang dirundung masalah, kita akan merasa menjadi manusia yang paling sengsara dan merana seantero jagad raya (lebaydotcom). Padahal diluar sana masih banyak lho yang lebih menderita, bahkan untuk makan sehari saja harus susah payah mencari dan bekerja dari pagi hingga malam. Ada juga yang tidak punya orang tua sama sekali. Coba sekali-kali kunjungi panti asuhan. Maka kamu akan tahu bahwa memiliki satu orang tua lebih baik daripada tidak sama sekali.

Jadiiiii....
Tulisan ini dibuat tidak untuk menggurui tapi untuk saling menyemangati satu sama lain. Saling mengingatkan dan menguatkan (berasa Mario Teguh nih :p). Menjadi anak broken home bukan akhir dari dunia, teman. Tuhan hanya sedang mengujimu. Karena saya sendiri adalah anak broken home maka saya tahu rasanya dan tidak hanya mengarang-ngarang dan berempati. Kalau saya dan para artis diatas itu bisa (merasa jadi salah satu artis euy hahaha), maka kalianpun bisa. Syukurilah keadaan ini.  Bagi yang bukan broken home, bersyukurlah banyak-banyak dan sayangi orang tua kalian. Ukir prestasi yang besar. Masa kalah sama anak broken home :p.  Akhir kata saya ucapkan, SEMANGAT!
http://www.smileycodes.info



Sumber data: Wikipedia
Sumber foto: Google
http://barcelonawinners.blogspot.com/
http://justinbiebershrine.blogspot.com/
http://www.babylifestyles.com/
http://m.vibizlife.com/view.php?id=21893&sub=music_biography
http://www.panicposters.com/eminem-not-afraid-poster.html
http://www.hollywoodchicago.com/news/8313/beyonce-lady-gaga-eminem-kanye-west-lead-2009-mtv-video-music-award-nominees
http://www.danielatamayo.com/christina-aguilera-hairstyles.html

17 comments:

  1. Baguusss menginspirasi sekali Kak Garnier.. Upss Gardina.. Kiss Kiss Hug Hug..

    ReplyDelete
  2. i do love christina yg i m beautiful.. its a confidence song.. rite, broken home or not its depend on her/himself :)

    ReplyDelete
  3. Beneran keren artikelnya. Jadi tahu, orang-oang yang ternyata punya cerita seperti saya. :)

    ReplyDelete
  4. NF: I love that song too. It's my anthem, hehe. Yes, broken home or not we can be a successful person. Nice too meet you... :)

    Arif Zunaidi Rui_aj: Makasih. Semangat ya! :D

    ReplyDelete
  5. yup,klo diluar sana kesempatan dan bakat memang diperhatikan. mau kerja keras juga pasti ada hasilnya. tpi saya ragu klo hal itu dilakukan disini....orang2 akan memandang sebelah mata pada kami yang terlihat biasa....
    but who knows??? only God knows where the rainbow end....
    nice post ......

    ReplyDelete
  6. Wah, kayaknya kalo baca postingan ini saya jadi lebih semangat!
    Setiap orang punya kesempatan untuk sukses.
    Bahkan yang punya masa lalu kelam, contohnya broken home aja bisa sukses.

    Nice post, gardina :D

    ReplyDelete
  7. Dian: Terkadang yang tampan dan tidak biasa juga bisa ga diperhatikan kok Dian. Kadang saya lihat artis tampan tapi bosenin. Sepertinya yang harus diasah juga adalah aura bintang ya. Menurut saya sih bisa diasah. Positif aja dan banyak berdoa, kan katanya Tuhan mengikuti prasangka hambanya. Jadi mending kita prasangka baik aja. Semangat Dian sama bisnis distronya!

    Yudis: Yup! Semangat semangat! Jangan mau kalah donk sama anak-anak broken home yang sukses. Hehe...

    ReplyDelete
  8. artikel yg lengkap// baru tau kalo si oprah pnah diperkaos.. ;3

    ReplyDelete
  9. Makasih Wana! Baru merasakan membuat artikel ternyata cukup melelahkan ya, hihihi. Iya pas umur 9 tahun lagi, kasihan masih kecil waktu itu.

    ReplyDelete
  10. Ardi: Thanks di. Komen yang singkat dan padat. :p

    ReplyDelete
  11. tapi diantara semuanya, Oprah yg benar2 byk memberikan inspirasi :)

    ReplyDelete
  12. Mia: Kemungkinan karena Oprah menginspirasi lewat talk shownya yang cakupannya lebih luas daripada para penyanyi yang mempunyai segmen pasar dan penggemar yang terbatas. Bagi saya, Oprah nomor 2 setelah Christina. ;D

    ReplyDelete
  13. menjadi semangat baru banget :D makasih buat artikelnya, membangun banget banget :)

    ReplyDelete
  14. Thnks bangat kak Gardina :D. tapi kak saya tidak punya sahabat yang bisa di ajak mendengarkan ceritaku dan memberikan solusi :'((((((

    ReplyDelete
  15. Hai, kenalkan saya Thella. Aku dan teman-temanku membangun sebuah komunitas "Rumah Kedua" yang menjadi wadah bagi anak-anak berlatar belakang broken home untuk saling berbagi cerita, kasih sayang, dan semangat. Selengkapnya bisa kalian cek di http://mrrsforlife.blogspot.com/ dan kuharap kalian bisa bergabung :) *tetapsemangatya!

    ReplyDelete