Pages

Saturday, January 7, 2012

10 Aplikasi Blackberry Favorit Saya

Isi Menu Blackberry
Menggunakan Blackberry (baca: BB) boleh-boleh saja. Tapi jangan sampai BB jadi sekedar untuk gaya atau ikut-ikutan tren (terutama untuk anak-anak sekolah), tapi sebagai smartphone kita bisa mengoptimalkan penggunaannya untuk belajar banyak hal baru. Bagi para pengguna BB yang sudah lumayan lama memiliki gadget ini, tentu aplikasi-aplikasi berikut ini sudah tidak asing lagi ditelinga. Tapi bagi para pengguna baru yang masih bingung tentang kegunaan BB, berikut saya 'bocorkan' aplikasi-aplikasi favorit saya.


 1. Dictionary.com
Sebagai seorang guru bahasa Inggris, saya tidak pernah lupa membawa kamus kemana-mana. Kamus favorit saya adalah Oxford Pocket Learner's Dictionary. Namun terkadang ada saja saat-saat saya tidak bisa membuka kamus yang selalu ada didalam tas saya itu. Solusinya? Saya unduh Dictionary.com di BB saya untuk mempermudah mencari arti kata-kata baru dalam bahasa Inggris yang saya temui dimana saja. Yang lebih menyenangkan dari aplikasi ini adalah kita bisa mendengarkan bagaimana cara pengucapan kata tersebut. Aplikasi wajib buat para pembelajar bahasa Inggris!



2. Photo Studio
Sejak dulu saya suka melihat-lihat foto terutama foto-foto pemandangan. Saya pun mulai menyukai fotografi dan belajar fotografi secara otodidak. Mengambil fotopun hanya memakai insting dan daya kreatifitas yang saya miliki, itupun hanya menggunakan kamera digital biasa, bukan kamera SLR seperti para profesional (mahal lagian! :p). Saya pun sempat iri dengan beberapa teman yang memiliki aplikasi Instagram di iPhone mereka karena banyak filter yang bisa digunakan untuk mengubah foto biasa jadi 'tidak biasa'. Akhirnya saya mencari-cari aplikasi foto di Blackberry dan dari beberapa yang saya unduh, Photo Studio adalah favorit saya. Aplikasinya ada yang gratis dan berbayar, namun saya membeli yang versi Pro seharga $2.25 karena lebih banyak fitur yang diberikan. Saya mengkombinasikan hasil foto di Photo Studio dengan beberapa aplikasi foto lain seperti Photo Editor atau PixTrix. Semakin seru deh utak-atik foto. 

http://www.smileycodes.info

3. Word To Go
Blackberry bagi saya tidak hanya sebuah alat komunikasi tapi juga bagaikan sebuah komputer kecil. Saya suka menulis tapi saya paling malas menulis di laptop atau netbook saya karena ide-ide itu terkadang muncul di saat-saat tidak terduga, contohnya seperti sesaat sebelum tidur, saat sedang menonton tv, dan saat sedang makan di restoran. Word To Go adalah solusinya. Saya bisa menulis dimana saja dan kapan saja (selama baterai BB-nya masih ada ya, secara baterai BB terkenal cepat habis!). Seperti artikel yang sedang kamu baca ini. Saya menuliskannya di Word To Go baru kemudian dipindahkan ke blog. Saya menulis artikel ini sembari nonton tv. :D
http://www.smileycodes.info


4. Opera Mini
Terus terang saya tidak terlalu suka dengan browser bawaan BB karena proses loadingnya lama, jadi saya unduh Opera Mini. Di Opera Mini, mengunduh lebih cepat dan tampilan tidak kaku. Saya bisa buka website favorit saya disini, dari mulai website untuk order produk Oriflame (favorit saya!), cari informasi, dan mengunduh lagu. Saya juga lebih suka membuka akun Facebook menggunakan Opera Mini karena aplikasi Facebook untuk BB masih kurang memuaskan.




5. Ubersocial
@GardinaWiryo
Ubersocial adalah salah satu aplikasi yang terhubung dengan Twitter. Saya lebih menyukai Ubersocial daripada Twitter for Blackberry® karena loadingnya lebih cepat dan tampilannya lebih menarik. Ubersocial bagi saya, tidak seperti Facebook, adalah lebih sebagai jejaring informasi daripada jejaring sosial. Disitu saya bisa membaca artikel dalam bahasa Inggris, membaca tweet-tweet dalam bahasa Inggris yang dibuat para native-speaker bahasa Inggris, dan berkomunikasi dengan orang-orang baru dari seluruh dunia bahkan selebriti (lagi-lagi berhubungan dengan pembelajaran bahasa Inggris :D). Kegiatan membaca tidak pernah semenyenangkan ini.


6. Blackberry Messager (ВВМ)
ВВМ bukan sekedar pengganti SMS tapi juga lebih berguna karena bisa juga mengirimkan foto dan file dengan mudah dan cepat. Selain itu bagi yang suka pamer, ВВМ bisa dimanfaatkan untuk memamerkan apa saja yang ingin dipamerkan karena kamu bisa mengganti DP (display picture) dan status ВВМ kamu sesuka hati (tapi jangan setiap menit juga kaliii! *nyindir* LOL). Cuma satu yang saya sayangkan, beberapa pengguna ВВМ terkadang tidak punya pulsa untuk mengirimkan SMS (ВВМ dibayar memakai paket internet) padahal kan tidak semua orang punya pin BB (berdasarkan pengalaman pribadi).


7. PDF To Go
Bagi pencinta kegiatan membaca seperti saya pasti tidak asing dengan yang namanya e-book. Selain dapat dibaca lewat komputer atau e-book reader, kita juga bisa lho membacanya di BB (kalau bentuknya PDF). Unduh PDF To Go. Kamu bisa baca e-book favorit kamu dimana saja dan kapan saja. Cuma sayang hanya disediakan free trial untuk beberapa hari di setiap BB. Makanya saya harus cari bocoran kode aktivasinya di internet. :p
http://www.smileycodes.info

8. Islamic Pocket Guide
Aplikasi ini sangat berguna bagi kamu yang sering bepergian dan butuh untuk mengetahui waktu sholat setiap waktu. Saya merasakan kegunaannya saat bulan Ramadhan yang lalu untuk penanda waktu berbuka. Ada juga artikel-artikel keagamaan yang singkat dan bermanfaat yang di update setiap minggu. Hanya saja yang sedikit mengganggu adalah frekuensi promosi dari toko online yang membuat aplikasi ini yang selalu di update bersamaan dengan artikelnya.



9. iSpeech Translator
Suka belajar bahasa asing? Wajib punya aplikasi ini. Saya unduh aplikasi ini secara gratis dari Blackberry Application World. Sebenarnya aplikasi ini berbayar namun pada akhir tahun kemarin RIM sedang memberikan hadiah aplikasi-aplikasi yang dapat dengan gratis diunduh. Aplikasi ini adalah salah satunya.  Di dalamnya, terdapat lebih dari 20 bahasa asing yang dapat diterjemahkan ke bahasa lainnya.





10. Screen Muncher
Aplikasi ini ibaratnya seperti fungsi Print Screen di komputer atau laptop. Kita bisa mengabadikan semua yang ada di layar BB kita dengan satu klik saja. Sangat mudah dan berguna dan yang pasti aplikasi ini gratis. Jika ingin variasi suara dan warna baru kamu harus beli aplikasi berbayarnya.

http://www.smileycodes.info
Nah teman-teman, saya bukan penjual Blackberry, tidak juga dibayar untuk promosi, dan artikel ini juga tidak bertujuan untuk promosi. Saya hanya membagikan kebahagiaan saya karena Blackberry dan aplikasi-aplikasinya telah mempermudah dan membantu kegiatan saya sehari-hari, bukan buat keren-kerenan dan ikut-ikutan tren. Mudah-mudahan bermanfaat buat para pengguna BB yang baru maupun yang lama. Yang bukan pengguna BB, silakan menambah pengetahuan kamu tentang gadget ini dan jika membaca artikel ini membuat kamu ingin membelinya ya saya tidak bertanggung jawab ya. Asal tidak memaksakan diri dan memang benar-benar memerlukan fitur-fitur yang ada di dalamnya ya silakan. 

Bagaimana dengan kalian? Mungkin kalian punya aplikasi favorit sendiri yang bisa dibagikan disini? Silakan beri komentarnya!

Sumber gambar: Google dan koleksi pribadi.

10 comments:

  1. Kereeen, suka banget ama review aplikasinya. Ayo kak ikutan bisnis aplikasi yuk, hehe. :D

    ReplyDelete
  2. Makasih Syahid. Haha, bisnis aplikasi? Baru denger. Hehe...

    ReplyDelete
  3. Hehe, aku tu sempet punya mimpi bisa bikin aplikasi komputer, atau minimal aplikasi untuk ponsel gitu. Tapi belum terwujud ni mimpinya :D..

    ReplyDelete
  4. Kak, postingan di blog ini blum ada rating-nya tho? Mau ngasih rating tapi kok ga ketemu, he..

    ReplyDelete
  5. Syahid: Oooh begitu toh. Aku juga ga tahu cara bikinnya, hehe. Bisanya pake aja. Cara bikin kolom ratingnya gimana ya? Maklum pemula... *tutupmukamalu*

    ReplyDelete
  6. Andriyo: Ga harus punya BB kan untuk baca artikel ini? Hehe...

    ReplyDelete